Rekomendasi Platform Omnichannel Terbaik di Indonesia, Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

platform omnichannel terbaik

Kita sedang memasuki era digital yang semakin kompetitif. Ini terlihat dari munculnya beragam strategi pemasaran yang semakin berkembang, hingga pelayanan pelanggan pun kian berubah signifikan.

Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat perusahaan harus melakukan berbagai cara untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satunya menggunakan platform Omnichannel terbaik di Indonesia. Melalui platform ini, dapat menjembatani kebutuhan interaksi yang maksimal antara perusahaan dan pelanggan.

Yuk, Kenali Apa Itu Omnichannel?

Sesuai bahasanya, “omni” dalam bahasa Latin berarti semua, dan “channel” dalam bahasa Inggris berarti saluran. Oleh karenanya, Omnichannel merupakan sebuah platform yang menggabungkan semua channel yang dimiliki perusahaan, tujuannya agar pelanggan dapat berinteraksi dengan baik, tanpa harus berpindah dari channel satu ke channel yang lainnya.

Manfaat Omnichannel untuk Bisnis

Melihat dari pentingnya keberadaan Omnichannel bagi pemasaran perusahaan, terdapat beberapa manfaat penting keberadaan Omnichannel, berikut selengkapnya:

1. Meningkatkan Penjualan

Kehadiran Omnichannel dapat mendongkrak penjualan dari perusahaan, hal ini dikarenakan platform ini dapat memberikan beragam pilihan berbelanja yang fleksibel, sehingga mendorong tercapainya target market. Pengalaman yang konsisten dan terhubung inilah yang membuat pelanggan lebih tertarik untuk menyelesaikan pembelian.

2. Dapat Mengoptimalkan Operasional Bisnis

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Omnichannel merupakan sebuah platform terintegrasi, yang mana dapat mengelola inventaris, pesanan, dan logistik dengan lebih efisien.

BACA  7 Tips Memilih Jasa Top Up PayPal Terpercaya

Contohnya saja, penggunaan Omnichannel bagi tim sales dan customer service dapat menyederhanakan tugas, karena dapat memonitor secara langsung melalui satu dashboard.

3. Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Omnichannel juga mampu memberikan pengalaman yang baik dan konsisten di berbagai saluran sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan kecepatan dan keandalannya, Omnichannel dapat menjadi alat yang ampuh untuk menjaga loyalitas pelanggan kepada bisnis Anda.

Bagaimana Cara Kerja Omnichannel?

Guna memberikan optimalisasi bisnis pada perusahaan, Omnichannel bekerja atas beberapa poin dasar berikut ini

1. Pengumpulan Data Terpusat

Untuk membantu perusahaan meningkatkan target penjualan, Omnichannel bekerja dengan mengumpukan sekaligus mengintegrasikan data pelanggan sebagai langkah awal.

Data pelanggan dikumpulkan dari berbagai channel dan disatukan dalam satu sistem terpusat. Data ini mencakup riwayat pembelian, preferensi produk, dan interaksi dengan layanan pelanggan. Analisis data ini membantu dalam memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan.

2. Menyelaraskan Channel Perusahaan

Selanjutnya, setelah data pelanggan berhasil dikumpulkan, Omnichannel juga melakukan integrasi terhadap channel-channel yang dimiliki perusahaan.

Tujuannya, agar pelanggan dapat dengan mudah beralih channel dengan mudah, tanpa harus kehilangan informasi di tiap-tiap channel. Baik itu terkait informasi produk, harga, hingga promosi, semuanya dapat diintegrasikan dengan mudah.

3. Mempercepat Transaksi

Poin terakhir, Omnichannel akan mempermudah proses transaksi dari calon pelanggan. Contohnya, semisal terdapat pelanggan yang ingin membeli produk dari sosial media, maka bisa melangsungkan pembelian di marketplace. Atau, jika masih membutuhkan informasi yang lebih detail dan personal, dapat berpindah ke channel yang lain dengan mudah.

Hal ini sangat baik untuk meningkatkan peluang terjadinya closing, dan perusahaan bisa berkembang lebih cepat dibandingkan mengelola satu per satu channel yang dimiliki.

BACA  Bingung Memilih Jasa Edit Video Murah dan Berkualitas? Ini Tipsnya

Lalu, yang menjadi pertanyaan selanjutnya, “apakah ada rekomendasi platform Omnichannel terbaik?” Tentu saja ada, berikut ulasan selengkapnya..

Mengenal OmniX, Platform Omnichannel Unggulan di Indonesia

Salah satu rekomendasi platform Omnichannel terbaik di Indonesia adalah OmniX. OmniX sendiri merupakan platform Omnichannel besutan PT Infomedia Nusantara, perusahaan yang masih “satu atap” dengan Telkom Group. Infomedia memiliki kapabilitas infrastruktur yang handal dan pengalaman tinggi untuk mengelola semua channel komunikasi perusahaan secara terintegrasi.

Dengan pengalaman dan kualitasnya yang terjamin, hingga kini Infomedia telah dipercaya oleh lebih dari 600 perusahaan sebagai solusi integrasi layanan pada bisnis.

Ada banyak layanan Omnichannel yang tersedia, mulai dari OmniX Services, OmniX Marketing, OmniX Sales, serta OmniX Survey yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan di tiap-tiap perusahaan.

OmniX Services

OmniX Services merupakan platform omnichannel yang membantu perusahaan mengelola interaksi dengan pelanggan melalui integrasi seluruh kanal pelayanan, termasuk walk-in, voice dan non-voice, serta interaksi di media sosial dan platform digital lainnya.

Platform ini juga memiliki fitur AI seperti Chatbot untuk meningkatkan interaksi pelanggan, terutama dalam fungsi pelayanan publik. Dengan fitur unggulan ini, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan Customer Experience yang lebih baik melalui informasi Customer Relationship Management (CRM) yang kontekstual dan omni-history.

OmniX Marketing

Selanjutnya ada OmniX Marketing, yakni platform omnichannel yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi perusahaan dengan pelanggan, termasuk email, SMS, WhatsApp, panggilan telepon, dan pengiriman pesan.

Platform ini digunakan untuk kampanye produk/layanan, survei pelanggan, serta pengingat dan notifikasi pelanggan. OmniX Marketing membantu perusahaan meningkatkan penjualan, interaksi pelanggan, pengalaman pelanggan, dan Return On Investment (ROI).

OmniX Sales

Selanjutnya terdapat OmniX Sales, platform omnichannel yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan meningkatkan penjualan melalui panggilan telepon kepada target pelanggan. Platform ini menyediakan berbagai fitur dan manfaat yang mendukung efisiensi dan efektivitas tim penjualan.

BACA  Apakah Menggunakan USB OTG Berbahaya? Ini Penjelasan Lengkapnya

OmniX Survey

Yang terakhir, yakni OmniX Survey, sebuah platform analitik yang memungkinkan perusahaan mengukur dan memantau pengalaman pelanggan secara terintegrasi. Platform ini mengelola database pelanggan, menyediakan aplikasi survei, dashboard monitoring, dan action management.

OmniX Survey sangat direkomendasikan bagi perusahaan yang ingin memperoleh feedback pengalaman pelanggan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan beragam manfaat dan kemudahan yang diperoleh, menjadikan platform Omnichannel sangat cocok untuk meningkatkan bisnis Anda menuju next level. Apakah Anda tertarik menggunakan platform Omnichannel? Yuk, pakai OmniX by Infomedia sekarang…

By Faisol Abrori

Tertarik menulis beragam hal seperti bisnis, teknik marketing, dan lain sebagainya. Untuk keperluan kerja sama, kirim email ke: faisolabrori5@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *